Motif Batik Modern dan Proses Pembuatan Kain Batik

//Motif Batik Modern dan Proses Pembuatan Kain Batik

Motif Batik Modern dan Proses Pembuatan Kain Batik

Motif Batik Modern

Saat ini batik sudah memasyarakat dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan dari luar negeri  pun batik sudah mendunia. Terutama dengan motif batik modern Indonesia yang mempunyai berbagai macam yang beragam.

Batik merupakan ciri khas kebudayaan Indonesia. Tahukah anda bahwa batik bukan hanya berasal dari daerah jawa saja?

Tidak hanya di Jawa batik ini bahkan di tiap-tiap daerah corak batik mempunyai ciri khas nya tersendiri.

Sekarang ini batik tidak hanya dipakai dalam acara formal, seperti dalam acara nikahan batik dijadikan sebagai seragam. Lainnya seperti seragam sekolah atau lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa motif berdasarkan daerah asalnya yaitu :

1. Batik Solo

kain batik

Solo salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Batik Solo sudah dikenal masyarakat, bahkan ke mancanegara.

Beberapa motif batik Solo yang populer, diantaranya motif sekar jagad, motif parang kusuma, motif ratu ratih dan lainnya.

2. Batik Jogja

kain batik

Tidak hanya Solo yang terkenal daerahnya sebagai kerajinan batiknya,Jogja pun merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Salah satunya adalah motif truntum.

Motif truntum merupakan salah satu motif kain batik khas jogja. Motif truntum memiliki tatanan yang tampak seperti jajaran bintang yang berkilap dimalam hari.

Ada beberapa motif lainnya selain motif truntum, seperti motif kawung, motif parang kusumo, dan lainnya.

3. Batik Pekalongan

kain batik

Selain batik Jogaja dan Solo Batik Pekalongan merupakan salah satu batik yang populer juga yang berasal dari Jawa Tengah.

Umumnya, batik jawa dibedakan menjadi dua golongan yang populer yaitu batik Jogja dan Solo merupakan batik keraton dan batik pesisir. Seperti batik Pekalongan merupakan batik pesisir.

Dengan mempunyai ciri khas yang colorful (paling kaya akan warnanya). Jadi tidak heran jika pada kain batik Pekalongan biasanya terdapat kombinasi 7 sampai 8 macam warna.

4. Batik Cirebon

kain batik

Batik Megamendung

Batik Megamendung merupakan kain batik yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat.

Batik Megamendung mempunyai filosofi yang tinggi  terhadap para pemakainya.

Yaitu bahwa setiap manusia harus mampu merendam amarah dalam kondisi terpuruk atau sedih dimana saat menerima tekanan mental harus mampu menjaga sikap, tindakan dan prilaku dengan konteks positif.

5. Batik Madura

kain batik

Madura tidak hanya terkenal dengan karapan sapinya tetapi dengan kain batik khas Madura pun tidak kalah populernya.

Dengan penuh warna kain batik Madura terlihat  lebih mencolok dari kebanyakan, karena batik Madura memiliki esensi seni bercerita yang unggul.

Motif khas daerah ini lebih menampilkan dengan warna yang berani seperti biru, merah, kuning dan lainnya.

Dan warna yang dipakai pun berasal dari bahan alami seperti mengkudu dan tingi sebagai pewarna merah.

6. Batik Jakarta

kain batik

Batik Betawi atau yang sering kita kenal adalah batik yang berasal dari Jakarta.

Dengan warnanya yang semarak sesuai dengan selera orang Betawi merupakan salah satu keunikan dan kekhasan dari batik betawi.

Motif lainnya seperti motif loreng ondel-ondel, motif nusa kelapa, motif ciliwung, motif rasamala, dan  motif salakanagara.

7. Batik Bali

kain batik

Perkembangan kain batik Bali dengan berbagai macam motif batiknya semakain berkembang maju.

Tidak hanya dengan Pulau Dewata yang populer di dunia. Kepopulerannya pun sampai menyangkut dengan kain batik khas Bali.

Beberapa motifnya yaitu : motif singa barong, motif ulamsari mas, jagatan pisang, dan lainnya.

8. Batik Banten

kain batik

Batik Banten merupakan salah satu batik yang terbatik didunia dan telah mendapatkan pengakuan internasional. Batik Banten sangat kaya akan filosofi tentang sejarah.

Motif lainnya diantaranya motif  sabakingking, motif mandalikan, motif pasepen, dan lainnya.

9. Batik Minangkabau

motif batik modern

motif batik modern

Batik Minangkabau juga disebut dengan tanah liek The, yaitu tanah liat. Ada berbgaai sumber alami yang digunakan. Sayangnya batik ini sulit untuk kita temui.

Motif lainnya  diantaranya motif pucuk rebung, sicam, siku-siku baragi, kaluak paku serta motif geometrik khas Sumatera Barat.

Sekilas adalah beberapa  motif yang ada di Indonesia, dan masih banyak lagi yang bisa Anda ketahui.

Pembuatan Kain Batik

Berbagai macam motif batik yang ada di Indonesia bisa menjadi ciri khas kesatuan rakyat Indonesia.

Bahkan di acara nikahan pun batik menjadi prioritas yang hadir untuk menghadiri undangan. Tidak hanya diacara nikahan saja batik pun menjadi prioritas di acara-acara lainnya baik formal maupun informal.

Batik adalah seni melukis yang dilakukan diatas kain yang menggunakan material lilin. Batik merupakan budaya yang telah lama berkembang yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Berbagai macam kain batik mempunyai ciri khas dan makna tertentu.  Jenis-jenis batik diantaranya batik tulis, batik cetak dan batik printing.

Setiap daerah batik mempunyai ciri khas masing-masing daerahnya dari mulai motif dan coraknya. Bahkan disetiap daerah memiliki lebih dari satu corak dan motif batik.

Berdasarkan coraknya terdiri dari batik kraton, batik sekar jagad, batik kawung dan lainnya.

Biasanya busana yang menjadi khas terbuat dari batik seperti kebaya, blangkon, samping, dan iket. Berbagai macam tutorial yang bisa Anda coba.

Sekarang ini banyak yang meng upload banyak tutorial menggunakan kain sarung batik salah satunya.

Berbagai macam olahan produksi kain batik bisa dijadikan apapun, terutama menjadi baju dari kain batik. Sedikit info tentang pembuatan batik dibawah ini :

 

Kain Batik Modern

Di era saat ini, sudah tak asing jika anda melihat beberapa pemanfaatan kain batik yang diolah menjadi sebuah busana yang modis.

Bahkan bukan hanya dipakai untuk kesibukan acara formal saja, tetapi sudah menjadi lifestyle sesehari.

Batik banyak digunakan diberbagai kalangan dimulai dari anak-anak hingga dewasa. Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang memanfaatkan warisan budaya turun menurun ini.

Tidak hanya diubah menjadi sebuah busana, gaun dan lainnya akan tetapi banyak barang lain yang bisa digabungkan dan dipadukan dengan keeksotisan batik.

Contoh lain seperti tas dari batik, jaket dari batik dan lainnya yang dibuat dari corak batik Indonesia ini.

Ciri batik pun dibagi menjadi dua bagian yaitu, batik tradisional dan batik modern. Ciri-ciri Batik Tradisional mempunyai corak makna simbolik, variasi hias motif (ular, pagoda, geometris, serta barong), motif batik ciri khas daerah asal.

Sedangkan batik modern memiliki beberapa ciri yaitu, coraknya tidak memiliki simbolik khusus, variasi hias (tumbuhan, rangkaian bunga dan sebagainya), motif batik tidak memiliki ciri khas daerah.

By | 2017-08-07T06:59:24+00:00 August 2nd, 2017|Artikel|Comments Off on Motif Batik Modern dan Proses Pembuatan Kain Batik

About the Author: