Artikel kali ini akan membahas tentang pakaian wanita yang populer yaitu atasan batik wanita. Penasaran ? simak berikut ini.

Pengertian

Batik ini merupakan kain yang digambar dengan  canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik ini berasal dari kata amba dan tik yaitu dari bahasa jawa, yang berarti  menulis titik. Jika jaman dulu disebutnya ambatik.

Perkembangn

Dari sini bisa dipahamilah , jika yang dimaksud itu adalah batik tulis yang dilukis dengan canting. Namun sebenarnya batik dibuat dengan bermacam-macam metode, tidak hanya dengan canting saja. Namun itu kita akan membahasnya nanti, sekarang kita kembali ke pengertian batik.

Tidak heran jika anda sering melihat batik dengan motif-motif rumit Karena Ambatik ini mengacu pada teknik melukis titik-titik yang serba rumit. Meskipun banyak juga batik dengan motif-motif yang lebih simple, bahkan modern.

Pengertian batik juga tidak hanya itu definisi lain yang bilang jika sebenarnya kata batik itu berasal dari kata titik, yang kemudian ditambahkan kata mba sehingga menjadi mbatik. Sehingga batik itu dimaknakan sebagai seni membuat titik, atau menitik. Dengan kata lain, batik itu merupakan sebuah metode pembuatan kain.

Walaupun secara definisi yang dimaksud ialah batik tulis yang menggunakan canting, tetapi metode pembuatan batik sendiri bermacam-macam, seperti cap, cetak, dan printing. Ada juga batik yang dibuat pakai kuas ialah namanya batik lukis,namun cukup jarang untuk ditemukan.

Asal Muasal Batik

Sebetulnya tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik ini. Tetapi keindahan batik ini kabarnya telah ditorehkan sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Pada peradaban mesir kuno, teknik membatik digunakan untuk membungkus mumi dengan kain linen. Kain linen ini dilapisi cairan lilin, lalu digores dengan benda yang tajam semacam jarum atau pisau untuk menorehkan motifnya.

Setelah itu kain dicelup ke berbagai cairan pewarna misal darah atau abu. Kemudian, setelah warna tersebut  telah meresap maka kain linen ini direbus untuk melunturkan lilinnya. Jadi bagian yang tidak terlapisi oleh lilin akan berwarna sesuai pewarnaan, sedangkan bagian yang terlapisi lilin akan berwarna dasar kain.

Adanya Batik

Ketika Jaman Dinasti Tang (tahun 618-690) di Cina, teknik macam ini juga sudah dijumpai. Bahkan ketika pada jaman Dinasti Sui (tahun 581-618) teknik ini sudah mulai dipraktekan. Disebabkan  Cina merupakan  bangsa pedagang yang berkeliling dunia, teknik ini lalu menyebar ke berbagai benua seperti Asia, Amerika, Afrika, bahkan sampai ke Eropa.

Cara yang digunakan untuk menahan warna berbeda-beda di setiap negara. Ada yang menggunakan bubur kanji, bahkan ada yang menggunakan bubur nasi yang dikeringkan. Ternyata tidak semuanya menggunakan lilin. Ada juga sumber yang mengatakan asal muasal teknik membatik ini datang dari bangsa Sumeria (Sekarang Irak Selatan).

Kemudian para pedagang yang berasal dari India-lah yang membawa teknik ini ke Indonesia. Ketika abad ke-6, teknik ini dibawa ke pulau Jawa. Teknik ini lalu menyebar luas dan dikembangkan oleh masyarakat Jawa.

Sekitar tahun 700an batik pertama kali ada di Indonesia. Diperkenalkan oleh orang India, pada saat Raja Lembu Amiluhur (Jayanegara) yaitu raja kerajaan Janggala menikahkan putranya dengan seorang putri India.

Dalam bagian lain buku itu, disebutkan bahwa batik dalam bentuk yang lebih primitif justru telah dimiliki oleh orang Toraja (Tana Toraja, Sulawesi Selatan) bahkan sebelum ada di tanah Jawa.

Ditemukanlah teknik membatik dengan canting pada abad ke-12, dimana lilin ditorehkan menggunakan alat ini. Pada ketika  inilah istilah membatik (ambatik) lahir kedunia.

Cuma di Indonesia, terutama di pulau Jawa yang pada waktu itu menggunakan canting untuk menorehkan lilin ke permukaan kain mori. Yang membuat batik Indonesia sangat mendetail dan kaya motif dibandingan batik di belahan dunia lain ini disebabkan karena canting ini.

Makna Batik

Jika orang bilang batik ialah seni tanpa makna, itu salah. Sebenarnya batik ialah sebuah kesenian yang penuh dengan makna. Batik bukan cuma sekedar corak yang digambar oleh seniman batik.

Banyak daerah-daerah pusat perbatikan yang menjadikan batik sebagai alat perjuangan ekonomi sebelum jaman kemerdekaan. Dalam melawan perekonomian Belanda. Sehingga disini batik ini mempunyai makna yang sangat mendalam.

Batik disetiap daerah mempunyai motif yang bervariasi, dan tentunya makna juga berbeda-beda. Menurut pendapat Kuswadji K. (1914 – 1986) seorang pelopor seni batik berpendapat bahwa batik itu bukan hanya sekedar gambar atau ilustrasi saja.

Bahwa setiap batik itu memiliki makna itulah yang dia katakan. Makna tersebut bahkan sudah cukup dikenal, seperti batik Kawung yang maknanya ialah penggambaran bahwa itikad yang bersih itu adalah sebuah ketetapan hati yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Atau makna tersebut dapat tersirat, seperti sebuah pesan yang tersembunyi dalam gambar. Sebab motif – motif batik tersebut tidak lepas dari pandangan hidup pembuatnya, dan pemberian namanya pun berkaitan dengan suatu harapan.

Adapun motif – motif batik yang dibuat disebabkan karena campur tangan sejarah.Misalnya  batik Hokokai yang dipengaruhi oleh penjajah jepang di Indonesia. Sehingga motif tersebut menyimpan sebuah cerita.

Macam-macam Batik

atasan batik wanita

Batik Tulis

Batik tulis adalah batik dengan nilai seni yang paling tinggi. Mengapa begitu? sebab pada intinya tidak ada satupun batik tulis di dunia ini yang persis sama. Mungkin serupa, namun  tidak mungkin sama persis.

Batik Cap

Pernahkan anda lihat cap yang digunakan untuk membuat batik? Cap itulah yang digunakan untuk membuat motif-motif batik yang banyak beredar di pasaran. Sangat tradisional, tetapi  disisi lain sangat artistik.

Batik Cetak Sablon

Batik cetak ini kualitasnya dibawah batik cap. Perlu diketahui bahwa batik cetak ini berbeda dengan batik printing. Pada metode cetak sablon, sebenarnya yang mengerjakan batiknya tetap manusia. Bukan mesinnya.

Tetapi orang-orang suka bingung dan tertukar antara batik cetak sablon dan batik print. Sebetulnya batik cetak ini lebih mirip dengan batik cap. Sebab prosesnya menggunakan cetakan besar bernama plangkan dan rakel. Merupakan alat yang biasa digunakan untuk sablon kaos. Tetapi proses pengerjaanya lebih mudah, dan tidak menggunakan malam.

Batik Print Mesin

Jenis batik yang akan dibahas sekarang ialah batik print. Lagi-lagi untuk meningkatkan efisiensi, batik pun diproduksi dengan mesin print tekstil. Pendapat masyarakat pun beragam mengenai inovasi seerti ini.

Sebagian besar orang menganggap batik print tidaklah mewarisi tingkat kerajinan dari jenis-jenis batik yang sebelumnya, bahkan banyak yang menjuluki batik ini merupakan batik imitasi. Dan lain seagainya.

 

Macam-macam Atasan Batik Wanita

1. Atasan Batik Wanita Dress Batik Lengan Panjang

Model baju batik wanita lengan panjang yang pertama ialah baju batik dress wanita. Banyak perempuan yang menyukai bentuk dress sebab dianggap nyaman ketika dipakai dan dapat tampil trendi.

Model baju batik terbaru wanita yang satu ini tidak cuma dapat digunakan untuk acara pesta saja, namun dapat juga  di gunakan sebagai baju batik kerja. Apalagi sekarang ini desain dress batik sudah sedemikian rupa sampai dapat menghasilkan berbagai macam model yang nyaman dan menarik.

2. Atasan Batik Wanita dengan Pundak Terbuka

Model baju batik wanita lengan panjang yang satu ini mempunyai bentuk lengan terbuka, namun tentunya model baju ini tidak di pakai untuk wanita yang memakai hijab. karena model baju batik ini terbilang baju yang seksi sebab pada bagian pundaknya terbuka.

Umumnya model baju ini banyak di gunakan oleh wanita kalangan remaja untuk menunjang penampilan yang cantik dan juga modis.

Tidak cuma disukai oleh para perempuan dewasa saja, model satu ini sekarang mulai digemari juga oleh anak-anak remaja saat ini. Disebabkan karena bentuknya yang unik serta model baju ini juga dapat digunakan baik dalam acara pesta maupun acara resmi.

3. Batik Model Shanghai

Batik model Shanghai ini memang sudah banyak di sukai oleh kalangan wanita. Sebab desainnya yang sangat simple dan berkesan unik yang terdapat pada bagian kerah dan kancing depan yang membuat para wanita sangat menggemari model baju batik lengan panjang ini.

Demikian yang sekilas model atasan batik wanita semoga bermanfaat.