Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai beberapa blazer batik.

Blazer merupakan salah satu model pakaian wanita yang cukup banyak digunakan, teutama pada saat pergi ke kantor. Perpaduan antara model blazer dengan batik dirasa bisa memberikan kesan penampilan wanita yang lebih feminin dan cantik.

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, dan pengembangan motif ,budaya yang terkait, oleh UNESCO.

Seni pewarnaan kain dengan teknik perintang pewarnaan menggunakan malam atau lilin adalah salah satu bentuk seni kuno. Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini sudah dikenal semenjak abad ke-4 SM, dengan diketemukannya kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam untuk membentuk pola.

Asal Mula Blazer Batik

Blazer Batik

Sebenarnya tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik. Namun keindahan batik ini kabarnya sudah ditorehkan sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Di peradaban mesir kuno, teknik ini digunakan untuk membungkus mumi dengan kain linen. Kain linen ini dilapisi cairan lilin, setelah itu digores dengan benda tajam semacam jarum atau pisau untuk menorehkan motifnya.

Kemudian kain dicelup ke berbagai cairan pewarna seperti darah atau abu. Lalu, setelah warna tersebut meresap maka kain linen ini direbus untuk melunturkan lilinnya. Sehingga bagian yang tidak terlapisi oleh lilin akan berwarna sesuai pewarnaan, sedangkan bagian yang terlapisi lilin akan berwarna dasar kain.

Ketika Jaman Dinasti Tang (tahun 618-690) di Cina, teknik seperti ini juga sudah dijumpai. Bahkan pada jaman Dinasti Sui (tahun 581-618) teknik ini sudah dipraktekan lho. Karena Cina adalah bangsa pedagang yang berkeliling dunia, teknik ini kemudian menyebar ke banyak benua seperti Asia, Amerika, Afrika, bahkan sampai ke Eropa.

Medium yang digunakan untuk menahan warna berbeda-beda pada setiap negara. Ada yang menggunakan bubur kanji, bahkan ada yang menggunakan bubur nasi yang dikeringkan. Ternyata tidak semuanya menggunakan lilin. Terdapat dugaan bahwa asal muasal teknik membatik ini datang dari bangsa Sumeria (Sekarang Irak Selatan).

Perkembangan Blazer Batik

Pada perkembangannya, sejarah dari batik itu sendiri telah menarik ketertarikan dari pembesar Kerajaan Majapahit. Pada saat itu juga pembuatan batik telah berkembang. Bahan yang pertamanya dari kulit dan sebagainya sekarang berganti menjadi kain putih atau kain yang berwarna terang. Karena dirasa dari kain putih itu sendiri motif yang didapat lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih luas.

Motifnya juga bukan hanya berkisar pada hewan dan tumbuhan saja. Akan tetapi sekarang motif abstrak, motif candi, motif awan, motif wayang beber dan lain sebagainya, telah digunakan pada zaman itu, yaitu pada saat berdirinya Kerajaan Majapahit

Batik sebagai warisan budaya asli Indonesia sangat layak untuk dilestarikan. Beruntung pegiat fashion bisa berinovasi untuk menciptakan model batik terkini sehingga cocok digunakan oleh kalangan anak muda. Salah satu model busana yang sangat banyak menarik perhatian kaum hawa yaitu blazer batik.

Kini tersedia beragam model blazer batik yang bisa Anda pilih untuk berbagai acara baik formal maupun semi-formal. Tertarik untuk melihat trend terbaru dari blazer batik.

Model Blazer Batik

Blazer sering menjadi pilihan tersendiri bagi para wanita ketika malas menggunakan jaket atau jas, bahkan blazer sering digunakan untuk melindungi diri dari sengatan matahari.

Model blazer ada yang seperti menyerupai rompi tetapi, blazer umumnya tidak memiliki saku. Model ini sangat cocok digunakan para wanita yang berkerudung. Sebab dengan blazer maka wanita-wanita yang berkerudung ini bisa memadukan banyak gaya dalam satu blazer saja.

Harga blazer tentunya lebih murah dibandingkan dengan jaket maka tidak heran jika banyak yang memilih blazer sebagai pelengkap penampilan. Nah kali ini ada blazer keren dengan motif batik. Motif batik blazer ini tentunya akan membuat penampilanmu berbeda dengan yang lain dan akan lebih terlihat sangat elegan.

Kira-kira bagaimana penampilan blazer batik modern terkini. Simak ulasannya berikut ini.

1. Set Blazer X Cullote

Satu set wanita dengan motif batik yang satu ini menggabungkan kesan resmi dari atasan blazer lengan panjang. Kemudian dipadukan dengan celana panjang kulot. Terbuat dari bahan polyester, busana ini dijamin nyaman untuk digunakan meskipun dalam jangktu lama.

2. Blazer Tanpa Kancing

Ingin tampil gaya tanpa meninggalkan kearifan lokal? Model batik tanpa kancing ini bisa jadi pilihan tepat untuk Anda, Mudah dipakai tanpa ribet, atasan blazer ini tetap terlihat cantik dan kekinian dengan lengan ¾.

3. Big Sunflower

Dari namanya, Anda pasti bisa menebak motif batik yang ditampilkan. Hadir dengan kerah rendah, busana ini sesuai untuk digunakan pada acara semi-formal ataupun casual. Ditambah lagi dengan lengan ¾, Anda bisa memadukannya dengan bawahan jeans.

4. Trikot Kawung

Batik Kawung ini merupakan salah satu ciri batik asli Indonesia. Motifnya yang khas selalu sesuai untuk dijadikan beragam jenis busana, termasuk blazer. Motif lurik pada bagian bawah lengan dan badan semakin membuat blazer ini terlihat bagus.

5. ¾ Gold Crown

Anda yang sedang ingin bersantai di Hari Batik Nasional bisa memilih setelan ¾ Gold Crown. Terdiri dari blazer casual dengan lengan kancing 3/4 yang dipadukan dengan pants yang memiliki motif sama, gaya busana ini bisa Anda gunakan untuk bersantai dengan sahabat.

6. Desain Longline

Blazer longline dapat menjadi pilihan busana yang baik untuk Anda yang ingin tampil elegan. Desain longline hadir dengan perpaduan antara warna yang natural sehingga terlihat lembut untuk penampilan Anda. Dipadukan dengan inner warna netral dan celana kain warna senada, Anda siap untuk mencuri perhatian banyak orang.

7. Kerah Bulat Abu

Blazer motif batik ini hadir dengan pilihan warna abu-abu yang netral sehingga cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai inner serta bawahan.

8. Monokrom Batik Print

Gaya baju menggunakan blazer longline memang tidak pernah ketinggalan zaman. Kalau ingin tampil gaya tanpa meninggalkan budaya, blazer Monokrom Batik Print ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk OOTD terbaik.

9. Multiwarna Klasik

Muntiwarna batik yang satu ini mengingatkan pada motif batik klasik yang terlihat bernilai tinggi. Blazer semi longline dengan dasar warna hitam dan motif putih-coklat yang sangat terlihat tradisional. Blazer tanpa lengan ini bisa cocokkan dengan sleeveless dress maupun inner lengan panjang.

10. Blazer Batik Motif Ilalang

Blazer selanjunya yaitu blazer yang memiliki motif ilalang kepada seluruh bagian blazernya, blazer ini memiliki model yang panjang pada seluruh sisinya hingga menyentuh mata kaki.

Kamu dapat memadukan blazer ini dengan pakaian putih polos lengan pendek jika kamu tidak menggunakan kerudung. Jika kamu menggunakan kerudung maka kamu bisa memadukannya dengan kaos putih polos panjang. Untuk bawahannya sendiri kamu dapat menggunakan celana kain berwarna putih atau celana jeans.

Blazer seperti gambar di atas sangat cocok untuk kamu yang suka berpakaian modis namun tetap elegan. Untuk bahannya sendiri sangat ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Dan pakaian ini juga cocok digunakan untuk musim panas.

11. Blazer Batik Motif Kawung Wanita

Batik kawung adalah batik khas Indonesia yang bentuknya menyerupai buah kelapa kawung sendiri memiliki banyak jenis contohnya saja pada kawung picis, kawung gridil dan kawung kemplong. Di mana kawung kemplong ini memiliki motif yang paling besar diantara motif kawung lainnya.

Gambar di atas merupakan contoh batik blazer wanita yang memiliki motif Kawung. Batik tersebut memiliki kombinasi kawung dengan kain garis-garis sehingga terlihat modern. Blazer batik model kawung tersebut juga sangat cocok untuk digunakan oleh kamu yang menggunakan kerudung.

Kamu dapat mengkombinasikankan kerudung berwarna ungu polos, pink polos ataupun hitam polos. Blazer  batik ini dapat kamu kombinasikan dengan bawahan celana berwarna merah muda dan untuk sepatunya lebih baik kamu menggunakan sepatu warna putih polos untuk melengkapi penampilanmu.

Blazer model batik kawung yang asli ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena untuk membuat batik motif Kawung ini lumayan susah karena sang pembuat harus memiliki tingkat ketelitian yang baik.

Itulah ulasan mengenai blazer batik terbaik dan terpopuler.