Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa gamis batik kombinasi yang sangat populer dan bahannya pun sangat bagus.

Dalam Sejarah Batik Indonesia ini berasal dari peninggalan nenek moyang masyarakat Jawa. Batik ini adalah warisan yang telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi pada September 2009 lalu. Pengakuan ini dilaksanakan secara langsung pada sidang UNECO di Abu Dhabi.

Sekarang setiap tanggal 2 Oktober 2009 lalu, telah dikenal sebagai Hari Batik Nasional, yang mana bentuk sebuah ungkapan rasa syukur.

Kalau dilihat dari awal sejarah batik merupakan bermula sejak abad ke-17 Masehi. Ketika itu batik masih ditulis dan dilukis hanya pada daun lotar dan papan rumah adat.

Pada corak batik itu sendiri juga masih belum berfariasi. Corak dan motifnya masih dominan dengan bentuk tanaman dan binatang. Para pengerajin batik juga masih tidak terlalu banyak. Ketika itu membuat batik hanya digunakan sebagai kesenangan pengerajin sendiri.

Asal Mula Gamis Batik Kombinasi

Gamis Batik Kombinasi

Sebenarnya tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik. Namun keindahan batik ini kabarnya sudah ditorehkan sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Di peradaban mesir kuno, teknik ini digunakan untuk membungkus mumi dengan kain linen. Kain linen ini dilapisi cairan lilin, setelah itu digores dengan benda tajam semacam jarum atau pisau untuk menorehkan motifnya.

Kemudian kain dicelup ke berbagai cairan pewarna seperti darah atau abu. Lalu, setelah warna tersebut meresap maka kain linen ini direbus untuk melunturkan lilinnya. Sehingga bagian yang tidak terlapisi oleh lilin akan berwarna sesuai pewarnaan, sedangkan bagian yang terlapisi lilin akan berwarna dasar kain.

Ketika Jaman Dinasti Tang (tahun 618-690) di Cina, teknik seperti ini juga sudah dijumpai. Bahkan pada jaman Dinasti Sui (tahun 581-618) teknik ini sudah dipraktekan lho. Karena Cina adalah bangsa pedagang yang berkeliling dunia, teknik ini kemudian menyebar ke banyak benua seperti Asia, Amerika, Afrika, bahkan sampai ke Eropa.

Medium yang digunakan untuk menahan warna berbeda-beda pada setiap negara. Ada yang menggunakan bubur kanji, bahkan ada yang menggunakan bubur nasi yang dikeringkan. Ternyata tidak semuanya menggunakan lilin. Terdapat dugaan bahwa asal muasal teknik membatik ini datang dari bangsa Sumeria (Sekarang Irak Selatan).

Pada perkembangannya, sejarah dari batik itu sendiri telah menarik ketertarikan dari pembesar Kerajaan Majapahit. Pada saat itu juga pembuatan batik telah berkembang. Bahan yang pertamanya dari kulit dan sebagainya sekarang berganti menjadi kain putih atau kain yang berwarna terang. Karena dirasa dari kain putih itu sendiri motif yang didapat lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih luas.

Motifnya juga bukan hanya berkisar pada hewan dan tumbuhan saja. Akan tetapi sekarang motif abstrak, motif candi, motif awan, motif wayang beber dan lain sebagainya, telah digunakan pada zaman itu, yaitu pada saat berdirinya Kerajaan Majapahit.

Gamis Batik Kombinasi

Dari awal sejarah batik tersebut, akhirnya menyebar luas keseluruh penjuru kerajaan lain. Karena kepopuleran batik itu, akhirnya para pembesar dari Kerajaan Mataram, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak dan kerajaan-kerajaan setelahnya menjadikan batik sebagai simbol budaya.

Tapi ketika Islam datang dan telah mempengaruhi banyak dari masyarakat, motif batik yang berbentuk binatang sudah ditiadakan. Karena kain batik yang mempunyai bentuk binatang dianggap menyalahi syariat Islam. Sehingga motif tersebut sudah dihapus dan ditiadakan. Kecuali bila pembuatannya disamarkan menggunakan lukisan-lukisan lain.

Sekarang gamis batik telah banyak penggemarnya, dan semakin berkembangnya zaman tak hanya satu motif batik saja yang bisa diterapkan.

Dan ada juga model gamis batik kombinasi yang menarik dan membuat Anda tampil lebih beda.

Yuk, cari tahu seperti apakah model batik yang cocok dengan selera Anda pada uraian berikut ini!

Buat Anda ibu rumah tangga yang masih bingung memilih gamis yang cocok untuk menghadiri acara formal, pilih saja model gamis yang satu ini.

Warna pada baju juga sangat unik karena terdapat warna gelap sekaligus terang pada baju.

Kantong yang terdapat pada baju gamis ini, juga sangat berguna untuk menyimpan handphone atau barang penting lainnya sehingga Anda tak harus membawa dompet lagi.

1. Banyak Motif dan Warna

Motif batik diterapkan terpisah pada gamis ini, yakni terdapat di bagian bawah bawah dan bagian tangan. Garis pada baju membuat Anda terlihat tinggi.

2. Long Zipper

Berbeda pada gamis pada umumnya yang biasanya menggunakan kancing, gamis yang satu ini memiliki long zipper atau risleting panjang yang membuatnya sangat unik dan cocok sekali dipakai pada Anda yang berhijab.

3. Elegan

Terlihat lebih elegan jika Anda memilih model gamis yang satu ini untuk menghadiri acara formal. Motifnya juga tak hanya satu, ada beberapa motif sederhana yang membuat Anda tambah cantik dan anggun.

4. Gamis Modern

Motif baju batik modern yang satu ini, sedang banyak diminati, lho. Terutama model roknya yang menarik. Brokat dan warna pada baju akan membuat Anda terlihat lebih manis. Ikatan pada bagian pinggang membantu Anda agar terlihat lebih ramping.

5. Motif Hanya Di Bagian Atas

Sekarang baju gamis modern wanita Indonesia yang sedang tren , yakni meliputi corak warna terang. Bahannya juga sangat nyaman dan sejuk sehingga cocok sekali digunakan pada cuaca Indonesia. Cocok sekali digunakan untuk Anda yang tidak begitu suka dengan motif yang ramai.

6. Kekinian

Bagi para remaja, dapat menggunakan model gamis seperti ini agar tetap tampil modern tapi tetap sopan. Apalagi, warna yang ada pada baju juga sangat netral sehingga bagi Anda yang berhijab tak harus menggunakan warna kerudung abu-abu saja.

7. Model Gamis Pesta

Banyak gamis modern seperti ini yang digunakan untuk pergi ke pesta atau pun acara formal. Terdapat kombinasi brokat yang membuat tampilan Anda sempurna dan terlihat cantik. Ikatan pinggang berbentuk pita pada baju juga bisa dimanfaatkan sebagai aksesori Anda pergi ke pesta.

8. Kain Tambahan

Batik yang satu ini menerapkan motif pekalongan agar bernuansa tradisional. Meski begitu, model baju ini dipadukan dengan atasan tambahan dengan warna cream agar terlihat lebih unik dan tidak membosankan. Tinggal memakai heels agar Anda terlihat lebih tinggi.

9. Pecah Pola

Model gamis batik kombinasi pecah pola ini terlihat sangat modern, modis, simpel, dan juga nyaman dikenakan. Modelnya, menerapkan pecah pola yang membuatnya terlihat unik dan menarik digunakan.

10. Model gamis lebaran

Pada saat lebaran, model batik yang satu ini banyak sekali digunakan karena model dan motifnya yang unik. Ada dua kantong di bagian kanan dan kiri yang sangat bermanfaat untuk menyimpan sesuatu sekaligus untuk menambah penampilan Anda.

11. Model Remaja

Kerutan pada bagian pinggang akan membuat Anda nampak langsing. Hanya perlu tambahan tas untuk mendukung penampilan sempurna Anda.

12. Model Menarik

Ingin tampilan gamis Anda tidak biasa? Mengenakan model pakaian seperti ini bisa dijadikan pilihan. Bagian atas pakaian, terlihat seperti blazer padahal itu sudah menjadi satu set dengan gamis.

13. Model Cardigan

Banyak para remaja yang menggunakan model baju batik seperti ini. Ya, karena tidak monoton dan modelnya juga kekinian. Tali pada bagian pinggang juga membuat Anda terlihat lebih ramping ditambah kerudung modern yang membuat Anda bertambah cantik.

14. Katun

Bahannya sangat lembut karena terbuat dari katun sehingga cocok sekali dikenakan pada Anda yang memiliki aktivitas harian padat.

Bila digunakan untuk pergi ke acara formal, gamis ini sangat nyaman digunakan. Aksen ikat pada bagian pinggang yang dibentuk pita juga akan menambah penampilan Anda lebih menarik.

15. Gamis Batik Kombinasi Dengan Kancing

Motif yang satu ini hanya memiliki motif di bagian paling bawah baju dan bagian bawah tangan.

Bagian unik dan menarik dari model baju yang satu ini, terletak pada bagian kancing serta motif bagian pinggir baju.

Sangat cocok digunakan pada Anda yang sering menggunakan hijab modern sehingga modelnya lebih terlihat jelas.

Itulah diatas merupakan batik gamis kombinasi. Batik dapat anda kenakan saat anda sedang ada acara maupun saat hari raya pun batik ini juga dapat di kenakan.